Home INdonesiani Sambutan Ronny Sompie dalam Rakernas V DPP Kerukunan Keluarga Kawanua 2022 yang Diadakan secara Virtual
INdonesiani - February 20, 2022

Sambutan Ronny Sompie dalam Rakernas V DPP Kerukunan Keluarga Kawanua 2022 yang Diadakan secara Virtual

Sabtu (19/02/2022) DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) gelar Rapat Kerja Nasional. Ronny Sompie bertindak sebagai pimpinan sidang Rakernas V DPP KKK 2022 dan didampingi oleh Sekretaris Jenderal DPP KKK Ayub Yunus, Wakil Ketua III DPP KKK Audy Wyuisang, dan Ketua Bidang Organisasi Kaderasisasi Keanggotaan Teddy Matheos.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi telekonferensi tersebut berjalan dengan sukses. Mengapa? Karena bisa dilihat dari para peserta Rakernas hadir secara antusias dan mereka aktif memberikan tanggapan atau pun pandangan.

Para Dewan memberikan apresiasi atas kepemimpinan Ronny Sompie selama memimpin KKK khususnya satu tahun belakangan ini senantiasa mengupayakan rekonsiliasi dalam setiap program-program DPP KKK. Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Pakasaan KKK banyak hadir dan memberikan masukan. Mereka antara lain Evert Ernest Mangindaan, Theo Sambuaga, H. Ali Demak, Desie Mamahit, Max Boseke, Jeffry Rawis, Bernie Tamara, Harry Sorongan, Welly Rawung, dan Pdt. Lisye Sumampouw.

Rakernas mengambil tema Maesa-esaan dan Matombo-tombolan. Tema ini diejawantahkan dalam salah satu hasil krusial rakernas, yaitu rekonsiliasi atau penyatuan yang ditekankan oleh Sompie dalam sambutan di Rakernas V DPP KKK 2022 yang ia berikan secara tertulis kepada kami, sebagai berikut ini.

SHALOM. ASS WR WB., OM SWASTIASTU, NAMO BUDAYA, SALAM KEBAJIKAN. TABEA KATUARI WAYA di seluruh Tanah Air dan Manca Negara.

Yth.
Para KETUA, SEKRETARIS DAN ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN, DEWAN PENASEHAT, DEWAN PEMBINA, DEWAN PAKAR dan DEWAN PAKASAAN KERUKUNAN KELUARGA KAWANUA (KKK).
PARA PENGURUS DPP KKK, KOORDINATOR WILAYAH KKK, DPD KKK, DPC KKK, ROONG, TARANAK dan FUNGSIONAL.
Bapak dan Ibu para Peserta dan hadirin dalam RAPAT KERJA NASIONAL DPP KKK V TAHUN 2022 secara virtual yang saya hormati, saya banggakan dan muliaka
n.

Pertama, marilah torang samua menyatukan torang pe fikiran deng torang pe hati untuk senantiasa memuliakan dan bersyukur kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa atas penyertaan, perlindungan deng samua berkat yang torang so terima, lantaran itu torang bisa hadir dalam Acara Rapat Kerja Nasional V DPP KKK TAHUN 2022 secara virtual ini dalam suasana penuh kekeluargaan satu sama lainnya.

Terima kasih kepada Para Hamba Tuhan yang dipimpin oleh Bapak Pendeta Dr. Iwan Tangka dan telah mengawali kegiatan RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL ini dengan ibadah yang sangat luar biasa mendoakan seluruh kegiatan kita hari ini. Kiranya TUHAN YANG MAHA KUASA senantiasa memberkati pelayanan Bapak dan Ibu Pendeta semua. Amin.

Kedua, sebagai Ketua Umum mewakili seluruh Pengurus DPP KKK saya mohon izin untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu Para Ketua, Sekretaris dan Anggota Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Pakasaan Kerukunan Keluarga Kawanua yang selama empat tahun tujuh bulan sejak Pengurus DPP KKK dilantik dan dikukuhkan oleh Majelis Adat Minahasa dan disaksikan oleh Bapak Gubernur Sulut pada bulan Juli tahun 2017 yang lalu sampai saat ini, (ia) telah memberikan bimbingan, nasehat, masukan dan dukungan kepada kami seluruh Pengurus DPP KKK, sehingga bisa bekerja dengan sekuat tenaga, pikiran dan dedikasi pengabdian serta pelayanan kami kepada TOU KAWANUA melalui organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua.

Ucapan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh kawan-kawan Pengurus di DPP KKK baik Sekjen dan seluruh jajaran Wakil Sekjen, Bendum dan seluruh jajaran Wakil Bendum, Para Wakil Ketua Umum, Para Staf Khusus dan seluruh Ketua Departemen serta seluruh Sekretaris Departemen yang selama 4 tahun 7 bulan telah memberikan dedikasi pengabdiannya serta pelayanannya kepada TOU KAWANUA melalui Organisasi DPP KKK.

Demikian juga ucapan Terima Kasih dan Apresiasi kami sampaikan kepada kawan-kawan kami Para Koordinator Wilayah KKK, Para Ketua DPD KKK, Para Ketua DPC KKK, Para Ketua Roong, Ketua Taranak dan Ketua Fungsional beserta seluruh Pengurusnya yang telah bersama DPP KKK memberikan pelayanan kepada Tou Kawanua di seluruh Indonesia sampai saat ini.

Selanjutnya, kami DPP KKK tentunya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu serta hadirin sekalian dalam Rapat Kerja Nasional V DPP KKK secara Virtual di tahun 2022 sebagai tahun terakhir pengabdian kami di organisasi DPP KKK untuk masa bhakti 2017-2022.

Pada kesempatan RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 secara virtual ini, saya ingin menyampaikan bahwa kinerja kawan-kawan Pengurus DPP KKK mulai Sekretaris Jenderal dan seluruh Wasekjen, Bendahara Umum dan seluruh Wabendum, Lima Wakil Ketua Umum dan seluruh Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen bersama dua Staf Khusus DPP KKK telah menghasilkan beberapa kegiatan yang bersifat pengabdian dan pelayanan terbaik kepada TOU KAWANUA baik di seluruh Tanah Air, maupun di mancanegara.

Dengan penuh kerendahan hati, kami laporkan kinerja DPP KKK sepanjang masa bhakti 2017-2022 yang juga meliputi kegiatan sepanjang tahun 2021 sbb :

Pembentukan DPD KKK sudah mencapai 16 DPD KKK dengan 6 Koordinator Wilayah yang dirangkap oleh 6 Ketua DPD KKK sebagai Koordinator wilayah dalam menjembatani informasi dan koordinasi dari DPP KKK kepada jajaran DPD dan DPC di seluruh Tanah Air. Demikian juga Pembentukan 36 DPC KKK dan 4 calon DPC KKK di bawah DPD KKK Kalimantan Tengah yang sedang menunggu untuk dilantik dan dikukuhkan oleh DPP KKK.

Pembentukan Koordinator Wilayah KKK, DPD KKK dan DPC KKK di seluruh Tanah air dimaksudkan untuk dapat menyalurkan kerinduan TOU KAWANUA di daerah di luar Sulawesi Utara sekaligus menyatukan Tou Kawanua dalam satu rumah bersama DPP KKK, sehingga upaya memperkuat pembangunan dan pelestarian budaya Minahasa dapat dilaksanakan secara berlanjut.

Upaya pembentukan DPD dan DPC KKK di bawah koordinasi Waketum III Bapak Pendeta Audy Wuisang dan Ketua Departemen OKK Bapak Teddy Matheos bersama Sekjen, Bapak Ayub Yunus dan para Wasekjen dapat dilaksanakan dengan baik, walaupun mengalami beberapa kendala di lapangan, namun bisa diperoleh solusi terbaik.

Banyak manfaat yang diperoleh dengan keberadaan 16 DPD KKK dan 36 DPC KKK, karena dapat menjadi ujung tombak DPP KKK dalam memperkenalkan Budaya Minahasa di daerah masing-masing sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan sosial dalam bentuk bakti sosial pemberian sembako, perlengkapan rumah tangga, makanan siap saji, kegiatan donor darah termasuk kegiatan MAPALUS KAWANUA baik di Tanah Minahasa, Kota Manado, juga di Jabodetabek, NTB, Jatim dan beberapa daerah lainnya dalam rangka membantu sodara kita TOU Kawanua yang sedang mengalami musibah bencana alam, banjir dan pandemi covid 19.

Demikian kegiatan Ziarah ke TMP Taruna di Tangerang – Banten. Kegiatan ini dibawah koordinasi Wakil Ketua Umum II, Bapak Rudy Sumampouw dan Ketua Departemen Sosial, Ibu Vera Sanger dibantu Staf Khusus DPP KKK Bapak Marsma TNI Donald Kasenda dan Dr Dicky Poluan bekerjasama dengan para Ketua DPD KKK dan Ketua DPC KKK setempat.

Ibadah dan Doa bersama Tou Kawanua dalam acara KAWANUA BERDOA secara Virtual sebanyak 47 kali pada tahun 2021 untuk memberikan perhatian dan empati serta mendoakan TOU Kawanua yang sedang menghadapi Pandemi Covid 19 sepanjang tahun 2021 di bawah Koordinasi Wakil Ketua Umum III Bapak Pendeta Audy Wuisang, Ketua Departemen Kerohanian Bapak Pendeta Iwan Tangka dan seluruh Hamba Tuhan di DPP KKK, DPD, DPC KKK se Indonesia bahkan di manca negara.

Ibadah dan Perayaan Natal dan Tahun Baru juga Kunci Taon termasuk Ibadah dan Perayaan Paskah yang dilaksanakan setiap tahun di bawah koordinasi Waketum 1 Bapak Brigjen Pol. Dr. Tommy Watuliu dan para Ketua Departemen yang menjadi Ketua Panitia secara bergantian.

Ibadah Penghiburan di rumah duka Tou Kawanua yang keluarganya meninggal dunia terutama para keluarga Pengurus DPP KKK, baik yang sedang menjadi Pengurus DPP KKK termasuk juga keluarga para sesepuh DPP KKK seperti almarhum Kolonel TNI Purn Dr. Christ Lalamentik,sebagai salah satu pendiri DPP KKK dan Almarhum Dr. S.H. Sarundayang, mantan Gubernur Sulut dan Dubes RI di Filipina, yang merupakan Ketua Dewan Pakasaan KKK. Kegiatan ini di bawah koordinasi Ketua Departemen Kerohanian, Bapak Pendeta Iwan Tangka dibantu para Waketum, Sekjen dan Bendum secara bergantian untuk hadir mewakili DPP KKK.

Talkshow Kawanua Bacirita yang digagas oleh Waketum III, Bapak Pendeta Audy Wuisang bersama Ketua Departemen Budaya Ibu Pendeta Treisje Liow-Mambo, telah menggelar beberapa kegiatan Talkshow sejak tahun 2018 – 2021 tentang Pahlawan asal Minahasa, Perang Tondano, Budaya Minahasa, Musik Kolintang, Maengket, Kuliner khas Minahasa dan pemahaman tentang Budaya Minahasa dalam hal Bertutur.

Kemudian Talkshow dengan Topik pelatihan pengelolaan sampah, yang dikoordinir oleh Waketum II Bapak Rudy Sumampouw dan juga Talkshow tentang cara membangun semangat enteprener di kalangan milenial yang dikoordinir oleh Waketum 5 Bapak Renny Rorong.

Talkshow lainnya di bidang hukum pernah mengangkat topik Mafia Tanah di Sulut dengan koordinator Waketum 4, Bapak Fabian Pascoal bersama beberapa narasumber Pejabat Instansi Pemerintah di Sulut.

Talkshow Kawanua Bacirita yang terakhir baru saja dilaksanakan untuk mendukung kegiatan W20 dalam rangka Presidensi G20 di Likupang pada minggu yang lalu, dengan nara sumber dari Kowani dan Chair Woman 20 dengan Moderator Ketua Departemen Humas DPP KKK Ibu Sonya Helen Sinombor dan Host Ketua Departemen Budaya DPP KKK Ibu Pendeta Treisje Liow Mambo.

Talkshow ini diadakan dalam rangka memberikan dukungan kepada kegiatan W20 yang dilaksanakan di lokasi Likupang sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas Nasional.

Kegiatan Pameran dan Promosi Ekonomi Kreatif dan Wisata Daerah Sulut secara Nasional dan Internasional bekerjasama dengan Pemprov Sulut, atas koordinasi Sekjen Bapak Ayub Yunus dan Waketum 4 Bapak Fabian Pascoal dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2019. Kita tahu bersama bahwa Sekjen dan Waketum 4 sekarang ini dipercaya Pemprov Sulut untuk menjadi Ketua dan Anggota Badan Pengembangan Pariwisata Daerah di Prov Sulawesi Utara saat ini.

Kegiatan Konser Musik dengan Musik Kolintang sebagai Musik Utama di tahun 2018 dan 2021 untuk memberikan semangat kepada para artis dan musisi asal Minahasa dikoordinasikan oleh Bapak Waketum III Pendeta Audy Wuisang dan para Ketua Departemen Budaya Ibu Pendeta Treisye Liow Mambo, Sekretaris Departemen Pariwisata Bapak Viddy Supit, dan Ketua Departemen Perempuan dan Anak Ibu Nova Rumondor juga kegiatan Tournamen Golf yang diarahkan untuk mendapatkan dana sosial yang dikoordinasikan oleh Ketua Departemen Olah Raga dan Pemuda Bapak Jemmy Mokolensang.

Kegiatan Pemilihan Utu dan Keke Kawanua di tahun 2018 dan 2020 dalam rangka menyiapkan para generasi muda Kawanua yang tinggal di luar Tanah Minahasa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan serupa di Tanah Air di bawah koordinasi Sekjen Bapak Ayub Yunus, Bendum Bapak Jerry Rampen, Ketua Departemen Pemuda dan Olah Raga, Bapak Jemmy Mokolensang dan Ketua Departemen Parekraf Ibu Moudy Lintuuran.

Sejak tahun 2020 telah terbentuk Persatuan Utu dan Keke Kawanua yang beranggotakan para finalis Utu dan Keke Kawanua tahun 2018 dan 2020 yang dikoordinasikan oleh Ketua Departemen Parekraf DPP KKK, Ibu Moudy Lintuuran dengan Pembina Sekjen DPP KKK Bapak Ayub Yunus dan Bendum DPP KKK Bapak Jerry Rampen.

Kegiatan Utu dan Keke Kawanua menghadiri acara Pagelaran Budaya Kawanua di Los Angeles pada tahun 2018 dan tahun 2020 dibawah Pimpinan Ketua Departemen Budaya DPP KKK Ibu Pendeta Treisye Liow Mambo dan Ketua Departemen OKK Bapak Teddy Matheos.

Pada periode satu tahun sesudah Rakernas IV Tahun 2021, masih sama seperti yang dilaporkan pada Rakernas IV, disebabkan pandemic covid 19 yang berkepanjangan, maka Pengurus DPP KKK masih belum dapat mengadakan berbagai kegiatan penggalangan dana untuk kas maupun kegiatan-kegiatan penunjang DPP KKK di tahun 2021. Namun demikian, tidak menghentikan DPP KKK untuk terus mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk menjalin persaudaraan diantara sesama anggota Kerukunan Keluarga Kawanua.

Sebagai bagian dari Laporan Pertanggungjawaban Program Kegiatan DPP KKK sepanjang tahun 2021 sampai awal tahun 2022 telah dilakukan kegiatan Talkshow Kawanua Bacirita, Kawanua Mapalus, Kawanua Berdoa, Konser Kawanua Virtual 2021 serta Natal Kawanua 2021, Tahun Baru 2022 dan Kunci Taon secara Virtual dengan biaya sebesar Rp 272.500.000,- yang diperoleh dari dana hasil Mapalus dan sumbangan sukarela para Pengurus DPP KKK dan Warga Kawanua. Laporan dari Bendahara Umum melalui Wakil Bendahara Umum bahwa kas DPP KKK tahun 2022 saat ini dalam keadaan kosong sebagaimana yang dilaporkan pada Rakernas IV tahun 2021 yang lalu.

Berdasarkan Laporan tentang Kinerja DPP KKK tersebut, kami mengakui bahwa masih banyak kekurangan yang ditemukan dan dialami sebagai bagian dari kendala dalam pelaksanaan manajemen organisasi DPP KKK sepanjang masa bakti 2017 – 2022. Kalau kita berkenan mengevaluasinya dengan pemikiran yang arif dan bijaksana, maka seyogyanya kita bisa memahami bahwa kekurangan dalam manajemen organisasi DPP KKK masa bakti 2017 – 2022 antara lain disebabkan, karena masih terbelahnya Tou Kawanua dalam dua manajemen organisasi DPP KKK. Yang Satu dipimpin oleh Ibu Angelica Tengker dan yang satu lagi dipimpin oleh Ronny F. Sompie.

Suasana yang kurang nyaman, merasa tidak enak satu sama lainnya diantara sesama TOU KAWANUA seringkali disampaikan oleh sebagian warga TOU Kawanua, ketika akan mengadakan sebuah kegiatan yang melibatkan TOU KAWANUA. Situasi seperti ini telah menjadi kendala serta sangat mempengaruhi kinerja Pengurus DPP KKK. Terutama ketika Pengurus akan menggalang kegiatan bersama termasuk kegiatan yang bersifat MAPALUS untuk mendukung sebuah program kerja, banyak TOU KAWANUA yang kurang nyaman untuk bergabung bersama secara MAPALUS.

Situasi dan Kondisi seperti itu juga dirasakan oleh kawan-kawan Pengurus DPD KKK dan DPC KKK hampir di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, maka sangatlah arif dan bijaksana kalau kita semua melalui RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 secara virtual kali ini perlu menyatu-padukan pandangan dan pemikiran kita bersama dalam rangka mencari solusi terbaik bagi organisasi DPP KKK.

Salah satu solusi terbaik yang sangat strategis dan dapat kita upayakan bersama adalah melakukan REKONSILIASI DPP KKK dengan sikap lapang dada dan kepala dingin diantara kita semua Pengurus DPP KKK, DPD KKK, DPC KKK, RTF di seluruh Tanah Air. Kita satukan cara berpikir, cara bersikap, cara bertutur dan cara bertindak kita dalam rangka melakukan REKONSILIASI DPP KKK.

Rekonsiliasi DPP KKK tidak lagi berorientasi kepada masa lalu DPP KKK, walaupun kita ketahui bersama banyak pengorbanan yang telah dialami oleh para Pengurus DPP KKK pada periode sebelumnya terutama periode tahun 2013 – 2017. Kita semua sangat menghargai dan berempati terhadap pengorbanan tersebut.

Namun demikian, dengan melakukan REKONSILIASI justru akan mengarahkan pandangan kita bersama kepada masa depan TOU KAWANUA yang BERSATU, BEKERJASAMA dan SAMA-SAMA BEKERJA, BAHU MEMBAHU, BAKU-BAKU BAE deng BAKU-BAKU TONGKA SATU SAMA LAINNYA dalam rangka mewujudnyatakan KERUKUNAN KELUARGA KAWANUA secara membumi dan benar-benar nyata secara faktual, sebagai sebuah RUMAH BESAR atau WALEWANGKO bagi TOU KAWANUA dimana saja berada. Itulah yang perlu kita rumuskan bersama dalam RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 secara virtual kali ini.

Rapat Kerja Nasional V DPP KKK tahun 2022 seyogyanya dilaksanakan pada akhir tahun 2021 yang lalu, namun dengan segala keterbatasan yang ada, maka diputuskan untuk dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 Februari 2022 sekarang ini. Yang menjadi fokus perhatian dan sebagai AGENDA UTAMA dalam Rakernas V DPP KKK Tahun 2022 adalah REKONSILIASI MENUJU MPA LUAR BIASA DPP KKK di tahun 2022. Mengapa REKONSILIASI MENUJU MPA LUAR BIASA DPP KKK TAHUN 2022 menjadi AGENDA UTAMA-nya, saya mohon izin menjelaskan kepada Bapak dan Ibu sekalian, dengan penjelasan sebagai berikut :

Pada Rakernas I di Tahun 2017 seluruh Pengurus DPP KKK telah bersepakat untuk menjadikan REKONSILIASI DPP KKK sebagai salah satu Rencana Kerja di Tahun 2018.

Pada Tahun 2018 DPP KKK telah melakukan komunikasi dan upaya dalam rangka mewujudkan REKONSILIASI DPP KKK bersama Ibu Angelica Tengker dalam beberapa kali pertemuan yang diwakili oleh Team kecil dihadiri beberapa Pengurus dari dua organisasi.

Pada Tahun 2019 DPP KKK telah melakukan upaya lanjutan yang ditandai dengan Ibadah Bersama, Buka Puasa Bersama, bahkan melaksanakan RAKERNAS III DPP KKK di lokasi yang sama di Wisma Kinasih Bogor, walaupun belum berhasil untuk melakukan REKONSILIASI secara lengkap atas kedua manajemen DPP KKK.

Pada Tahun 2020 dilanjutkan lagi upaya REKONSILIASI MELALUI beberapa kali pertemuan virtual yang dihadiri oleh Bapak Ketua Dewan Pembina dari kedua DPP KKK bersama Ketum, Sekjen dari kedua DPP KKK yang membuahkan hasil berupa kegiatan Ibadah Tahun Baru 2021 dan Kunci Taon bersama-sama dengan Pelayan Firman Bapak Pendeta Gilbert Lumoindong dengan dihadiri oleh Bapak Drs Theo Sambuaga, MPPP selaku Ketua Dewan Pembina DPP KKK yang saya pimpin bersama Ketua Umum, Sekjen, dan Wakil Ketua Umum 1 serta beberapa Pengurus DPP KKK lainnya. Juga dihadiri oleh Bapak Irjen Pol Purn Dr Benny Mamoto, MSi., selaku Ketua Dewan Pembina DPP KKK yang dipimpin oleh Ibu Angelina Tengker bersama Ketum, Sekjen, Bendum dan beberapa Pengurus.

Pada acara RAKERNAS IV di Tahun 2021 yang lalu telah diputuskan salah satu kegiatan yang harus ditindaklanjuti adalah pembicaraan berkaitan dengan rencana REKONSILIASI dengan menugaskan KETUM, SEKJEN dan WAKETUM 4 DPP KKK untuk mengupayakannya.

Dari pertemuan yang telah dilakukan baik secara virtual maupun pertemuan secara langsung, bahkan sudah disepakati bersama oleh Kedua Ketua Dewan Pembina baik Bapak Drs Theo Sambuaga maupun Bapak Irjen Pol Dr Benny Mamoto, MSi., maka disepakati untuk dilaksanakan REKONSILIASI kedua DPP KKK di tahun 2022 ini. Mekanisme REKONSILIASI tersebut yang perlu disiapkan bersama oleh Tim Kecil yang dibentuk oleh kedua DPP KKK secara bersama-sama.

Oleh karena itu, saya dan kawan-kawan Pengurus DPP KKK sangat berharap, Bapak dan Ibu serta seluruh hadirin berkenan memberikan penguatan, dorongan, bimbingan dan bantuan baik berupa pemikiran maupun upaya secara nyata dalam rangka penyatuan dua organisasi DPP KKK melalui REKONSILIASI yang segera akan dilaksanakan setelah RAKERNAS V DPP KKK ini selesai.

Kepada Bapak dan Ibu, para Ketua, Sekretaris dan Anggota Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar dan Dewan Pakasaan dimohonkan masukan juga nasehatnya terutama dukungan untuk REKONSILIASI yang sedang diupayakan bersama ini bisa kita wujud-nyatakan dengan baik dan menjadi berkat bagi torang samua TOU KAWANUA di mana saja berada.

Terima kasih atas perhatiannya, Selamat melaksanakan RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL. Dengan memohon kiranya TUHAN YANG MAHA KUASA senantiasa memberkati kita semua dan semua yang kita upayakan bersama, maka saya menyatakan RAKERNAS V DPP KKK TAHUN 2022 secara virtual ini dibuka dengan resmi.

SHALOM. ASS WR WB., OM SWASTIASTU, NAMO BUDAYA, SALAM KEBAJIKAN. TABEA KATUARI WAYA.

Jakarta, 19 Februari 2022.

KETUA DPP KKK

Dr. Ronny F. Sompie, SH., MH.

Salah satu keputusan dalam sidang komisi yg dipimpin oleh Ketua Sidang Komisi Organisasi, Teddy Matheos dan Sekretaris, Steven Palit yang berhubungan dengan rekonsiliasi adalah sebagai berikut:

Keputusan Komisi Organisasi

Pertama, meneruskan mandat kepada Ketum DPP KKK untuk melanjutkan proses REKONSILIASI.

Kedua, mengupayakan terjadinya DEKLARASI bersama menuju proses MPA.

Ketiga, Ketum DPP KKK dibantu secara teknis oleh tim khusus yang diketuai Ketua Dep OKK.

#kerukunankeluargakawanua #ronnysompie