Home INdonesiani Merek Lokal Menguasai Pasar Global
INdonesiani - June 26, 2020

Merek Lokal Menguasai Pasar Global

Aneka produk Indonesia dengan berbagai merek, memiliki kekuatan besar di pasar global. Di masa pandemi global Covid-19, aneka produk itu pun mampu menopang perekonomian nasional.

Hal ini diungkapkan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, saat berbicara dalam webinar bertema “Kenali Local Brand yang Menguasai Pasar Global”, Rabu (24/6).

“Indonesia merupakan negara penghasil merek yang memiliki kekuatan pasar dan mampu bersaing secara global, baik di sektor industri besar maupun kecil. Mereka bersinergi untuk menopang perekonomian Indonesia,” kata Menteri Agus.

Ada sejumlah produk yang dihasilkan produsen dalam negeri yang tercatat memiliki kekuatan besar di mancanegara. PT Mayora Indah, misalnya, telah mengekspor beragam produk hingga 100 negara. Kemudian juga PT Indofood Sukses Makmur yang telah menjangkau 80 negara, PT Gajah Tunggal yang mendistribusikan produknya ke 80 negara, termasuk April Group yang memiliki kantor penjualan penghubung pemasaran di berbagai negara.

Namun di tengah ketatnya persaingan pasar global, Menteri Agus menyebutkan, para pelaku usaha juga dituntut untuk memiliki ide dan kreativitas, serta harus cermat memanfaatkan peluang. Hal ini mutlak diperlukan agar produk yang ditawarkan mampu bersaing dengan negara lain.

Agus juga menyebutkan masa pandemi ini dapat dijadikan momentum bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM) dan pelaku industri besar untuk membidik peluang yang lebih besar.

Yang juga harus diperhatikan, ungkap dia, pandemi telah membawa dampak terhadap aktivitas ekonomi dan perdagangan global dan nasional. Mulai gangguan dari sisi permintaan dan pasokan, pelarangan ekspor dan impor beberapa komoditas pangan dan kesehatan, juga perubahan pusat rantai pasok global dari Tiongkok serta Amerika Serikat.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Kementerian Perdagangan antara lain telah melakukan promosi produk lokal ke luar negeri melalui misi dagang, keikutsertaan pameran internasional, Indonesia Design Development Center sebagai platform fasilitasi desain bagi produk ekspor Indonesia, serta memaksimalkan peran perwakilan perdagangan di luar negeri sebagai agen pemasaran.

Di samping itu, Kemendag juga terus berupaya untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UKM maupun pelaku usaha besar untuk dapat memantapkan bisnisnya, baik di pasar lokal ataupun global.

“Hal tersebut menjadi salah satu fokus utama Kemendag, yakni meningkatkan dan memperluas pangsa pasar produk-produk ekspor Indonesia di pasar global,” ungkapnya.