Home INdonesiana Kota Solo Sempat Memanas, Gus Muwafiq Dijadwalkan Tetap Hadiri Haul Al Muayyad
INdonesiana - December 7, 2019

Kota Solo Sempat Memanas, Gus Muwafiq Dijadwalkan Tetap Hadiri Haul Al Muayyad

Kantor PCNU Kota Solo sekitar pukul tiga sore didatangi sejumlah massa menuntut Gus Muwafiq  diproses hukum dalam kasus penistaan agama. Menurut pantauan TribunSolo (6/12) di depan kantor PCNU jalan Honggowongso Solo sempat terjadi kericuhan aksi lempar batu antara massa tersebut dengan massa di depan kantor PCNU.

Aksi yang menjurus kekerasan fisik ini akhirnya mereda sebelum pukul 6 sore dan massa yang menggeruduk Kantor PCNU dapat dihalau polisi. 

Dikutip dari TribunSolo, aksi tersebut didahului aksi demo di depan Polresta Surakarta untuk menuntut proses Gus Muwafiq. Hal itu diakui Humas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Endro Sudarsono membenarkan, bila memang pihaknya melakukan demo di Polresta Solo terkait Gus Muwafiq.

Endro juga mengaku pihaknya sudah berpesan aksi peserta demo tak melewati jalan depan kantor PCNU Solo. Ia mengelak tidak mengetahui asal massa tersebut.

Sedangkan Ketua PCNU Solo, Mashuri mengatakan, untuk kegiatan Gus Muwafiq di Solo akan tetap dilaksanakan pada Sabtu (7/12/2019).

“Tidak ada dampak setelah acara ini, kami tetap melaksanakan,” papar Mashuri pada wartawan, Jumat seperti dilansir TribunSolo (6/12/2019).

Gus Muwafiq sendiri rencananya akan datang ke Solo, mengisi acara pengajian umum. Dalam selebaran yang beredar, pengajian ini digelar dalam rangka Khataman Al Quran dan Haul Ponpes Al Muayyad Surakarta  Sabtu (7/12/2019), pukul 19.00 Wib.

Mashuri meyayangkan adanya kericuhan yang dilakukan sekelompok ormas, dan menghimbau bila ada pihak tak puas dengan pernyataan Gus Muwafiq bisa ambil langkah hukum.